Mengenai Saya

Foto saya
Tahun 2010 bersamaan dengan bermulanya cerita baru, setidaknya itulah yang terjadi pada aku. Tahun 2010 banyak membawa hal baru, Begitu heboh sampai aku sendiri takjub, jub…jub…. Anehnya lagi, untuk 2010 ini aku tidak membuat resolusi apa-apa. Just flow like water… pokoknya ada yang berubah deh. Namun di tengah semua kejadian itu, aku ternyata banyak belajar. Belajar untuk ‘melihat lebih’, ‘mendengar lebih’ dan ‘berbicara kurang’. Entah sampai kapan aku akan berdiam sebagai ‘pengamat’. Atas lembar hariku yang setiap hari berganti… Just flow like water, mungkin aku coba dengan ‘mode’ ini dulu deh, siapa tahu memang membawa pembaharuan.

Senin, 24 Mei 2010

PERKEMBANGAN DUNIA TELEKOMUNIKASI

Oleh: Cynthia

Telekomunikasi terutama telekomunikasi selular berkembang sangat cepat. Dahulu awalnya telekomunikasi selular hanya dipergunakan untuk komunikasi suara saja, tetapi sekarang telekomunikasi selular bukan hanya untuk komunikasi suara saja tetapi juga data yang bisa di akses melalui layanan GPRS. Atau yang sedang ramai di Indonesia adalah teknologi EDGE, 3G ,3.5G (HSDPA),dan malah katanya lagi akan masuk 4G yang merupakan teknologi selular baru di Indonesia.
GPRS merupakan layanan komunikasi data, dengan adanya GPRS kita dapat mengakses internet melalui telepon selular kapan dan dimana saja.Selain internet juga GPRS bisa digunakan untuk layanan data lain nya seperti MMS atau PTT.MMS dapat digunakan untuk berbagi data berbentuk gambar ,suara,ataupun video ke pengguna lainnya .
EDGE itu sebetulnya fungsinya sama seperti GPRS hanya yang membuat beda adalah kecepatan koneksinya saja.Kecepatan koneksi data menggunakan EDGE itu kurang lebih tiga kali lebih cepat dibanding GPRS.Tapi kekurangan EDGE adalah sering terjadi eror, karena makin tinggi jumlah penerimaan data maka akan lebih rentan terjadi kesalahan pengiriman.Maka akses data menggunakan jaringan EDGE memang masih kurang sempurna.
3G merupakan penyempurnaan teknologi dari EDGE. Sekarang mungkin sudah tidak asing lagi kita mendengar kata 3G. Hampir semua handphone keluaran baru menawarkan fitur 3G.Hanya sedikit perbedaan antara GPRS,EDGE dan 3G pada fasilitas koneksi data menggunakan 3G .Pertama adalah kecepatan yang jelas lebih dibanding GPRS,atau EDGE .Kedua fasilitas 3G mulai bisa mengakses layanan video call,dan streaming jadi dimanapun anda berada anda dapat berinteraksi dengan rekan yang jauh secara langsung melalui panggilan video.Dengan panggilan video maka kita bisa berhadapan langsung dengan lawan bicara sewaktu melakukan panggilan.Sedangkan streaming biasanya digunakan untuk mengakses data secara langsung semacam berita melalui video hanya mungkin ini masih jarang digunakan oleh kita.
3.5G atau lebih dikenal dengan HSDPA,sudah jelas sekali menurut pengertian HSDPA adalah layanan data dengan kecepatan tinggi. Kecepatan koneksi data menggunakan jaringan 3.5G adalah kurang lebih dua kali lebih cepat dibanding dengan 3G.Selain dari segi kecepatan koneksi, tidak ada perbedaan lain antara 3G dan 3.5G (HSDPA).
4G atau beyond 3G adalah fasilitas koneksi selular dengan sistem IP.Dengan 4G kita dapat mengakses data,suara dan gambar menggunakan telepon selular . Akan tetapi teknologi 4G ini belum masuk ke Indonesia.Menurut informasi di media teknologi 4G baru akan masuk ke Indonesia sekitar pertengahan tahun 2011.Pastinya mulai saat ini perusahaan-perusahaan provider di Indonesia sedang berburu untuk mendapatkan kesempatan lebih dulu mengenalkan teknologi 4G kepada masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar